Wednesday, August 13, 2008

Jarang makan nasi euy..!

Yaa..! neng aya jarang makan nasi... Paling tob seminggu makan 2x dari beras merah/putih itu pun cuma 2sdm untuk 2x makan. Jadi slama seminggu untuk karbohidratnya ga cuma dari nasi, tapi dari sumber karbohidrat lain kaya: makaroni, oatmeal, jagung, kentang, bihun, ubi, singkong, roti dan saya pun emang ga nasi minded.

Buat saya usia dibawah setaun makan masih belum lah utama, hanya berupa pendamping ASI jadi saya ga mau mendoktrin aya harus makan nasi tiap hari. Whehehe... bisa2 bosen doi dan saya deh ntar yg bingung.... Makanya saya berusaha meng-mix and match kan menunya aya sehari2 dengan berbagai jenis karbohidrat dan sumber gizi yang lain. Biar yg masak ga bosen, yg makan juga semangat :D


Ni contoh menu baru saya buat aya namanya potato on the pan (a la bunda aqila) hehehe.. nuhun ya bun..

Resepnya (untuk 2x makan)
karbohidrat: Kentang, sayur(optional) saya pakai bayam dan wortel, protein nabati: tempe, protein hewani: keju. Cara bikinnya: tumis dengan butter unsalted bawang merah dan putih (bole dihaluskan, bole diparut) setelah wangi masukin deh sayurnya trus tambah air (airnya bisa air kaldu) setelah sayuran 1/2 matang masukin kentang yg sudah direbus terlebih dahulu dan dihaluskan. Setelah matang masukin deh kejunya. Rasanya gurih dan baunya yummy gummy. Untuk makan siangnya saya tambahkan air kaldu biar ga bgitu padat teksturnya.

Kalo yg ini namanya sop telur, karbohidrat: makaroni, sayur: buncis, wortel, protein nabati: tofu, protein hewani: telur, bumbunya si duo bawang sama daun bawang.

Cara bikinnya cemplungin aja si bawang2an trus telurnya kmudian sayurannya udah deh tunggu aja sampe sayuran lunak. sambil merem juga jadi :D

Kalo tadi untuk makan malam si aya saya buatin oatmeal tuna keju, enaak walo nyisa 3 sdm bebi. bikinnya juga gampang, tumis bawang2an masukin cincangan tuna setelah wangi masukin deh oatmealnya bgitu matang tabur dengan keju. Sayang lupa moto euy kburu dikejar neng aya. hehehe...

Mau liat gayanya aya kl kita bilang..." Ay... matanya mana Ay..."


Kekekeke.....!!

No comments: