Thursday, June 05, 2008

Selamat tinggal tepung beras...

Tadi pagi bunda kursus kilat sama oma bikin bubur buat sarapannya Aya, dan ternyata ga sesulit yg dibayangkan tapi karena masi kagok jadi sarapannya hanya bubur ikan aja ga pake sayur tapi gpp soalnya makan sorenya kabocha dan cemilan buahnya pir sama air jeruuk. Smoga gizinya sudah mencukupi ;)

Menurut teori tahapan dari bubur tepung adalah bubur saring tapi untuk Aya buburnya ga bunda saring soalnya kemarin di tes dengan puree kentang tanpa tambahan kaldu bisa blass di kunyah2 trus ditelen, kentangnya hanya ditambah butter (resep dari umminya ankaa) dan ditemani oleh si tempe :)

Cara bikin bubur ikannya gampang ko, saya yg ga bisa masak aja bisa apalagi tante2 sekalian yg jago2.. uhuuy..!

Gini nih caranya...
Rebus ikan (saya pakai ikan nila) setelah daging tampak putih ditiriskan trus dihilangkan durinya dan dihaluskan dengan garpu. Air bekas rebusan dimasukkin bawang putih, jahe dan sedikit parutan pala (kalau masak sama oma emang full rempah2..) setelah mendidih air rebusan disaring dan kemudian digunakan untuk membuat bubur. Masukkin deh beras, ikan, daun bawang dan daun salam aduk2 sampe beras berubah menjadi bubur kl airnya kurang bisa ditambah. Selesai deh.. kata oma.." tinggal ditambah uyah (garam) enak nih ra.." saya jawab.. "Ga usah pke garam aya juga doyan mih.." dan terbukti habis lah si bubur ikan tsb. Good girl..!


Ini pic si bubur ikan dan puree kentang butter + tempe kuah kaldu












Dan tak lupa pamer kenarsisan si neng Aya <<narsis mode on>>







Makan tempe aja bisa kaya gini cantiknya...
Hahahaha..!





No comments: